Home / Berdesa / Tugas Operator Siskeudes dan Contoh SK – Nya

Tugas Operator Siskeudes dan Contoh SK – Nya

Bagi Anda yang kebetulan saat ini sedang mengerjakan Siskeudes, pasti bingungkan ketika ditanya masalah tugas operator Siskeudes yang sebetulnya.

Pertanyaan tersebut diatas banyak sekali muncul di forum ataupun group pengguna Aplikasi Siskeudes baik di Facebook,Instagram dan Whatsapp.

BACA JUGA : Pedoman Buku Siskeudes 

Moyaritas besar dari Mereka bertanya perihal kejelasan tupoksi dan seberapa besar honor operator siskeudes yang diatur dalam peraturan yang berlaku.


Berkaca Pada Permendagri Yang Telah Terbit ?

Bila kita Flashback kembali pada Permendagri 113 tahun 2014 ataupun yang sekarang berlaku yaitu Permendagri 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Tidak ada satu pasal pun yang menyebutkan tupoksi operator siskeudes secara detail dan terperinci. Yang ada hanya Tugas Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kepala Urusan, Kepala Seksi dan Kepala Urusan Keuangan sebagai Pemegang dan Pelaksana Pengelola Keuangan Desa.


Lalu Sebenarnya Apa Tugas Operator Siskeudes Itu ?

Bila anda pertanyaan seperti itu yang dilontarkan kepada saya. Saya pun tidak dapat menjelaskan secara detail kepada Anda karena tidak ada aturan baku yang mengaturnya.

Namun, saya bisa memberikan sedikit gambaran kepada Anda terkait apa yang sebetulnya menjadi tugas pokok dari operator siskeudes itu sendiri. Merujuk dari pengalaman dan pengamatan yang saya dapatkan selama ini didesa.

Berikut ini beberapa gambaran dari Tugas Pokok Operator Siskeudes didesa :

  • Membantu Sekretaris Desa menginput perencanaan mulai dari menginput Data Umum Desa,Visi Misi Desa,RPJMDes dan RKPDes dalam Aplikasi Siskeudes.
  • Membantu Sekretaris Desa menginput Rancangan APBDes,APBDes dan Perubahan APBDes Siskeudes.
  • Membantu Sekretaris Desa dalam membuat Laporan Kepala Desa di Siskeudes.
  • Membantu Kepala Urusan Keuangan dalam menginput penatausahaan baik itu membuat Buku Kas Umum,Buku Bank,Buku Pajak dan Laporan Realisasi APBDes di Siskeudes.
  • Membantu Kepala Seksi sebagai Pelaksana Pengelola Keuangan Desa dalam membuat Buku Pembantu Kegiatan dan SPP di Siskeudes.

Tugas Lainya :

  • Melaksanakan Pengelolaan Sistem Keuangan Desa.
  • Melaksanakan Pemutakhiran Data Setiap terjadi transaksi Keuangan Desa.
  • Melaksanakan cetak data Sistem Keuangan Desa setiap akhir bulan sebagai bagian dari prosedur kas opname APBDesa.
  • Melaksanakan dan bertanggungjawab atas semua tugas terkait Sistem Keuangan Desa.

Nah, mungkin itulah sedikit gambaran yang bisa saya berikan terkait tupoksi dari operator siskeudes.

Sebagai catatan jika memang ada Perbub/Perda yang mengatur tupoksi tersebut di wilayah Anda masing-masing. Maka pergunakan Perbub atau Perda tersebut.

Kemudian jika Sekretaris Desa,Kepala Urusan dan Kepala Seksi mampu mengoperasikan Aplikasi Siskeudes dengan baik maka tidak perlu mengangkat Operator Siskeudes. Karena fungsi Operator siskeudes disini, hanyalah membantu mengerjakan Aplikasi Siskeudes jika Pelaksana Pengelola Keuangan Desa tidak mamapu mengeoperasikan komputer.


Honor Operator Siskeudes ?

Beda Desa beda honor, beda Daerah beda honor. Kenapa saya katakan seperti itu. Karena operator siskeudes bukanlah Perangkat Desa melainkan staff yang membantu perangkat desa.

Oleh sebab itu , terkait honorarium biasanya menyesuaikan kekuatan dari APBDes di masing-masing desa itu sendiri. Ada yang diberi honor Rp.400.000, Rp.600.000 bahkan Rp. 1.000.000 juta perbulan kepada operator siskeudes. Namun jika kebetulah di daerah anda telah diatur menggunakan Perbub atau Perda maka gunakanlah peraturan tersebut.


Contoh SK Operator Siskeudes

Seperti apa yang ditulis dalam judul artikel diatas. Berikut ini saya akan memberikan file contoh SK Operator yang bisa Anda download secara gratis disini SK OPERATOR SISKEUDES 

Namun jangan lupa untuk mengubah dan menambah konsideran agar sesuai dengan Desa atau Daerah anda masing-masing. Itulah sedikit penjelasan saya terkait tugas pokok,honor dan contoh SK dari Operator Siskeudes. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa sedikit mencerhkan bagi Anda yang kebetulan membutuhkanya.

sumber :updesa.com

About aan

Media ini Merupakan sarana informasi yang dibangun untuk mempublikasikan ide dan gagasan, maupun informasi tentang desa di Nusantara. Isi informasi dan berita berasal dari sumber dan media yang dipercaya. Media ini bersifat privasi dan memiliki tujuan positif untuk membantu desa mendapatkan informasi. Media ini bukan untuk bisnis.

Check Also

Miliki Banyak Usaha, Desa Ini Raup Pendapatan hingga Rp 50 Miliar Per Tahun

BADUNG – Pemerintah telah mengubah paradigma pembangunan desamelalui penyaluran Transfer ke Daerah danDesa (TKDD). Harapannya, desa menjadi lebih kreatif …