Home / ISLAM / Tradisi Ramadan Muslim Rejai, Mengantri Menyediakan Menu Buka Puasa di Masjid

Tradisi Ramadan Muslim Rejai, Mengantri Menyediakan Menu Buka Puasa di Masjid

‘Barangsiapa yang memberi buka orang puasa, maka baginya pahala semisalnya tanpa mengurangi pahala orang berbuka puasa sedikitpun,” HR. Tirmizi.

Hadits diatas jelas memberikan kita kesempatan mencari pahala dari puasa orang lain. Itulah salah satu keutamaan bulan suci Ramadan ini. Memberi buka puasa kepada oranglain pun kita mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang berbuka puasa.

Hadist diatas inilah yang penulis rasakan selama tinggal di Desa Rejai Kecamatan Bakong Serumpun. Penulis ingin berbagi sedikit pengalaman berpuasa di Desa Rejai baru dimekarkan menjadi kecamatan baru di Kabupaten Lingga ini.

Desa Rejai bagi penulis salah satu desa yang cukup maju jika dibandingka dengan desa-desa lain di Kabupaten Lingga. Wilayah ini sudah memiliki sinyal telkomsel 4G, bahkan transportasi laut pun mudah, tiap hari ada kapal melayani tujuan Rejai-Batam, Rejai-Tanjungpinang, dan Rejai Daik-Dabok.

Ada satu pengalaman yang cukup menarik ingin penulis bagikan kepada pembaca selama penulis Ramadan di Rejai ini. Kebiasaan masyarakat Desa Rejai jika selama bulan Ramadan adalah mengantri atau bahasa Rejai-nya ada bergilir menyediakan menu buka puasa di Masjid.

Menyediakan menu buka puasa di masjid sudah turun temurun dilakukan masyarakat muslim di Desa Rejai. Setiap hari ada satu rumah yang harus mengantar menu buka puasa di Masjid. Bahkan mereka senang dengan rutinitas ini.

Kegiatan itu adalah tradisi positif yang memang harus di rawat dan dijaga. Karena masyarakat muslim di Rejai juga mengetahui jika pahala memberikan menu berbuka puasa kepada orang berpuasa pahalanya sama dengan mereka berpuasa.

Salah satu pengurus Masjid Baiturahman Desa Rejai, H Nizar menceritakan kalau menyediakan menu berbuka puasa di masjid sudah menjadi tradisi mereka. Masyarakat di Rejai kata H Nizar diberikan jadwal mengantar menu berbuka puasa.

“Yah, kita siapkan jadwal bagi masyarakat yang ingin menyediakan menu buka puasa,” kata H Nizar.

Bahkan ada masyarakat balik bertanya kapan waktu mereka harus mengantarkan menu berbuka puasa di Masjid. Penulis melihat masyarakat Rejai berlomba-lomba mencari pahala di bulan suci Ramadan ini.

Bulan ramadan merupakan bulan berkah. Bulan ini sangat ditunggu-tunggu umat muslim. Karena didalamya terdapat banyak pahala jika dikerjakan dengan baik dan benar. Melaksanakan puasa ramadan wajib hukumnya bagi umat muslim, karena puasa merupakan salah satu rukun Islam.

Allah SWT. Berfirman dalam Surah Al-Baqarah ayat 183 “Hai orang-orang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa”

Ayat tersebut merupakan perintah dari Allah Ta’ala ditunjukan yang beriman dari umat manusia dan ini merupakan perintah pelaksanaan ibadah puasa.

Kita patut bersyukur karena tahun ini masih dapat melaksanakan puasa ramadan. Kita masih diberikan kesehatan, nikmat. Bulan ini adalah bulan kita mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Di di bulan penuh berkah kita diperintah Allah Ta’ala berpuasa penuh selama bulan ramadan.

Barangkali banyak saudara-saudara kita telah meninggalkan kita terlebih dahulu, menghadap sang Ilahi. Mereka sudah tidak bisa melaksanakan perintah Allah Ta’ala ini. Bulan ramadan juga didalam terdapat bulan ampunan dan diturunkan pertama kali Ayat Suci Al-Qur’an kepada baginda Nabi Muhamad SAW.

Momentum bulan ramadan ini harus terus di rawat dan kita jaga. Bulan ini harus kita maksimalkan beramal sholeh dan perbanyak beribadah.

Penulis : Ahmad Yani

About admin

Check Also

Cerita Sore dari Seekor Burung, Guguk dan Semangkuk Ukhuwah

Sore tadi karena kekenyangan, aku berleha-leha di dahan pohon. Aku hanya mondar-mandir mengisi waktu luang …