Home / TERKINI / Tenaga Honorer Hanya Sampai 2024, Setelah Itu Dirumahkan

Tenaga Honorer Hanya Sampai 2024, Setelah Itu Dirumahkan

PEKANBARU, – Pemerintah akan menuntaskan masalah honorer K2 yang belum jadi PNS dalam lima tahun ke depan. Apabila di tahun 2024 belum juga jadi PNS, maka dipastikan akan diberhentikan.

Hal itu disampaikan Asisten Deputi Bidang Pengadaan Sumber Daya Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Syamsul Rizal.

Dia menyebut masalah honorer saat ini dituntaskan melalui mekanisme rekrutmen PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Baca Juga : Simak Ini Informasi Lengkap Penerimaan CPNS

“Kami harapkan di kabupaten/kota tak ada lagi yang merekrut pegawai non-PNS, sampai kita selesaikan permasalahan 438.000 honorer K2,” kata Syamsul Rizal saat jadi pembicara dalam rapat koordinasi BKD Provinsi Riau, Sabtu (13/7//2019) di Pekanbaru.

Menurut Syamsul, tenaga honorer yang ada saat ini hanya memperpanjang kontrak kerja seiring penuntasan tenga honorer hingga 2023. Apabila tidak dapat diangkat menjadi PNS atau PPPK sesuai persyaratan PP/49 2018, maka akan dirumahkan.

“Bagi yang sekarang sudah jadi honorer diberi kesempatan untuk menjadi PNS dan PPPK, sesuai ketentuan yang telah ditetapkan. Bisa jadi ada tenaga honorer yang tidak bisa melamar PPPK atau PNS karena tidak memenuhi persyaratan, jabatan itu ada ditentukan kompetensinya, mungkin S1, D3, atau D2,” kata Syamsul.

“Jadi, bagi honorer tamatan SMP atau SMA, kalau ada yang berminat jadi pegawai ASN, minimal PPPK, silakan sekolah lagi. Tapi kalau tidak melanjutkan pendidikan niscaya di akhir Desember 2023 diputus hubungan kerja,” sambungnya.

Meskipun begitu, pemerintah nantinya tetap menerima karyawan outsourcing atau karyawan kontrak untuk pekerjaan pengemudi, petugas keamanan, dan cleaning service. (*)

Sumber : https://www.harianhaluan.com/mobile/detailberita/76230/tenaga-honorer-hanya-sampai-2024-setelah-itu-dirumahkan

About aan

Media ini Merupakan sarana informasi yang dibangun untuk mempublikasikan ide dan gagasan, maupun informasi tentang desa di Nusantara. Isi informasi dan berita berasal dari sumber dan media yang dipercaya. Media ini bersifat privasi dan memiliki tujuan positif untuk membantu desa mendapatkan informasi. Media ini bukan untuk bisnis.

Check Also

Pembukaan Seleksi CPNS Molor, BKN Bakal Gelar Ratas

JAKARTA – Pemerintah membuka seleksi penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Oktober 2019. Seleksi ini …

10 comments

  1. Bagus lah lengkap sudah penderitaan honorer….padahal pengabdian honorer kadang melebihi PNS …..introspeksi diri bpak2 pejabat klw saudara anda ada yang honorer

  2. Berserah diri lah aku jadi honorer…
    Sesungguhnya allah tau jalan terbaik bagi aku dan yang lainnya…..

  3. Honor belasan tahun kalo dk bsa ikut ato lulus tes p3k akn dirumahkan…. sungguh kejam kau..
    Padahal tugas dan tanggung jawab seorg PNS lbh banyak dilimpahkan ke kami para honorer..

    Sekiannn DUHAII PEJABAT KEMENPAN RB

  4. Sakit melihat kenyataan ini, fenomena ini sangat mengiris hati kami para HONORER, wahai para pejabat dimana hati nurani kalian, mengapa kalian menutup mata melihat penderita kami, mengapa bukan sebaliknya kalian mempermudah para HONORER tuk di akomodir sebagai ASN,
    Saya menantang kalian para pejabat untuk meninggalkan segala jabatan, kemewahan hidup kalian dan segala fasilitas yang ada dan menjalani hidup sebagai seorang HONORER selama 1 atau 2 tahun saja dengan penghasilan layaknya seorang HONORER

  5. YA Allah hanya kepadaMu hamba meminta