Home / TERKINI / Polda Kalbar Sita Rp 6,9 M dari Kasus Korupsi Dana Desa Bengkayang

Polda Kalbar Sita Rp 6,9 M dari Kasus Korupsi Dana Desa Bengkayang

Pontianak – Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Barat menyita uang tunai sebesar Rp 6,9 miliar yang diduga hasil korupsi dana hibah 48 desa di Kabupaten Bengkayang.

“Anggaran tersebut awalnya berjumlah Rp 20 miliar, yang diperuntukkan untuk pembangunan infrastruktur di 48 desa di Bengkayang,” kata Kabid Humas Polda Kalbar, AKBP Donny Charles Go, saat konferensi pers yang digelar di Mapolda Kalbar, Kamis (11/7).

BACA JUGA : Korupsi Dana Desa , Bapak Anak jadi Tersangka

Donny menjelaskan, pada tanggal 29 Desember 2017, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bengkayang mengumpulkan masing-masing kepala desa, menyampaikan bahwa anggaran tersebut sudah disalurkan ke rekening 48 desa tersebut.

Pada tanggal 31 Desember 2017, dana tersebut masuk ke rekening desa. “Namun, di hari bersamaan, dana tersebut berpindah ke rekening pribadi, dan langsung dicairkan,” ujarnya.

BACA JUGA : Dinas PMD Minta Kades Kembalikan Uang Desa

Kabid Humas Polda Kalbar, AKBP Donny Charles Go, menggelar konferensi pers di Polda Kalbar, terkait dugaan korupsi dana hibah untuk desa di Bengkayang. Foto: Teri

“Dana tersebut diperuntukan dalam pembayaran pembangunan infrastruktur oleh pihak ketiga, dengan total dana kurang lebih Rp 11 miliar, untuk 25 desa. Namun tanpa termuat dalam APBDes dan APBDes Perubahan, serta tidak dilengkapi dengan dokumen progres pekerjaan dan dokumen pembayaran,” terang Donny.

Hingga kini, kata Donny, Polda Kalbar masih melakukan penyidikan dan pendalaman. “Sebanyak 174 orang saksi telah diperiksa, dan menunggu hasil audit pemeriksaan fisik dari ahli teknis Universitas Tanjungpura Pontianak. Ini lagi dikumpulkan,” ungkap Do nny.

Dalam waktu dekat, tambah Donny, jika hasil audit telah keluar, maka akan ada yang ditetapkan menjadi tersangka.

Sumber : kumparan

About aan

Pernah bergelut di dunia jurnalistik selama 5 tahun dan dua tahun sebagai Sekretaris Desa. Media ini Merupakan sarana informasi yang dibangun untuk mempublikasikan ide dan gagasan, maupun informasi tentang desa di Nusantara. Isi informasi dan berita berasal dari sumber dan media yang dipercaya. Media ini bersifat privasi dan memiliki tujuan positif untuk membantu desa mendapatkan informasi. Bukan untuk bisnis, pengelola menerima berita dari desa dan artikel seputar desa. : WA :081364175687 dan email : neniastaria1987@gmail.com

Check Also

Sembunyi Saat Jadi DPO, Mantan Kades Ini Diringkus Polisi Dugaan Korupsi Dana Desa 2017

BATUBARA – Arifin, mantan Kepala Desa Suka Jaya, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *