Home / Kepri / Mengenal Desa Rejai Pulau Nan Indah

Mengenal Desa Rejai Pulau Nan Indah

LINGGA – Desa Rejai salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Bakong Serumpun Kabupaten Lingga. Sebelum dimekarkan, Desa Rejai masuk wilayah Kecamatan Senayang.

Luas wilayah Pulau Rejai tidak terlalu besar. Diperkirajan jumlah penduduk di Pulau Rejai berkisar antara 800 hingga 900 Jiwa.

Sementara pencarian masyarakat Rejai rata-rata nelayan, mungkin hampir sekitar 90 persen penduduk Rejai mengandalkan laut sebagai sumber utama mereka.

Oleh sebab itu, masyarakat Rejai banyak menyimpan kendaraan laut seperti pompong dan sampan. Bagi masyarakat Rejai, memiliki kendaraan laut sudah menjadi keharusan mereka. Karena lautlah sumber kehidupan disini (Rejai).

Masyarakat Rejai memang sudah sangat bersahabat dengan laut. Di bawah laut mereka banyak sumber alam, ikan melimpah dan tentunya menambah peningkatan ekonomi masyarakat Rejai.

Air laut di Rejai sangat jernih, terumbu karangnya terawat dengan baik. Maka mereka selalu menjaga laut ini dari tangan-tangan yang tidak bertanggungjawab. Jangan sampai laut Rejai rusak, terumbu karang hancur, maka akan menyulitkan warga Rejai.

Mayoritas penduduk Rejai merupakan orang Melayu muslim. Penduduknya ramah dan sangat menghargai pendatang baru disini. Dan sebagai pendatang, sudah tentunya kita menjaga tata kerama dan beradaptasi dengan kehidupan di Rejai.

Orang Melayu dikenal sebagai suku menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan. Nilai ini sudah lama hidup di kehidupan masyarakat kita. Saya merasakan sendiri keramah tamahan Masyarakat Rejai.

Meski jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, akses menuju ke pusat Ibu kota Provinsi maupun Kabupaten cukup mudah. Karena setiap hari, kapal Veri berlabuh di pelabuhan Rejai. Baik tujuan Tanjungpinang maupun Kota Batam..

Sebelum Lingga menjadi Kabupaten, yang pada saat ini Daik Sebagai ibu Kotanya, Rejai sudah maju pesat dibandingkan Daik. Apalagi, disini banyak warga Tionghoa yang bermukim di Rejai.

“Yah, Pada tahun 70 dan 80-an, Rejai menjadi central perekonomian di Lingga. Rejai lebih maju dibandingkan Daik dan Senayang,” kata Sabran, salah seorang warga Lingga

Catatan Singkat….
Ahmad Yani

About aan

Pernah bergelut di dunia jurnalistik selama 5 tahun dan dua tahun sebagai Sekretaris Desa. Media ini Merupakan sarana informasi yang dibangun untuk mempublikasikan ide dan gagasan, maupun informasi tentang desa di Nusantara. Isi informasi dan berita berasal dari sumber dan media yang dipercaya. Media ini bersifat privasi dan memiliki tujuan positif untuk membantu desa mendapatkan informasi. Bukan untuk bisnis, pengelola menerima berita dari desa dan artikel seputar desa. : WA :081364175687 dan email : neniastaria1987@gmail.com

Check Also

Organisasi Askar Betanjak Karimun Beri Dukungan Moril Pada Gubernur Kepri Terjerat OTT KPK

Karimun – Organisasi Askar Betanjak Kabupaten Karimun memberikan dukungan moril kepada Gubernur Kepri, Nurdin Basirun yang …