Home / TERKINI / Mantan Kades Bersama 3 Orang TPK ditahan Perkara Korupsi Dana Desa

Mantan Kades Bersama 3 Orang TPK ditahan Perkara Korupsi Dana Desa

Seluma – Kepolisian Resort Seluma menetapkan mantan kepala desa Talang Rami Kabupaten Seluma, Ns sebagai tersangka dugaan korupsi pengelolaan dana desa tahun 2018.

Selain mantan kades, penyidik juga menahan tiga tersangka lainnya yaitu My (40), HY (28) dan Dk (25). Ketiganya berstatus sebagai Tim Pelaksana Kegiatan (TPK).

BACA JUGA : Bapak Anak Jadi Tersangka Koru Dana Desa

“Setelah melalui proses penyelidikan dan pengumpulan alat bukti, keempatnya kami tetapkan tersangka dan dilakukan penahan, ” kata Kapolres Seluma AKBP I Nyoman Mertha Dana melalui Kasat Reskrim AKP Rizka Fadhila didampingi Kanit Tipidkor Iptu. Denny Siregar kepada wartawan, kamis.

Ia mengatakan keempat tersangka ini tersandung kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan dana desa, di mana terdapat item pelaksaan salah satu item belanja barang diduga difiktifkan untuk memenuhi permintaan Ns selaku kades kala itu.

BACA JUGA : Oknum Pejabat PMD Perdayai Kepala Desa

Mantan kades ini memang terlebih dahulu memintanya, tujuannya untuk memberikan upeti untuk meminaminilisr hasil temuan pengelolan APBDes yang akan diberikan ke inspektorat agar mempermudah dan meniadakan temuan hasil pemeriksaan.

“Ada salah satu kegiatan yang difiktifkan dalam pengelolaan dana desa sebesar Rp35 juta tapi barang bukti yang kami amankan sebesar Rp19,5 juta,” kata Denny.

BACA JUGA : Polda Kalbar Sita Rp 6.9 M Korupsi Dana Desa

Keempat tersangka ini dikenakan pasal 8 dan 11 UU Tipikor nomor 31 tahun 1999, sebagaimana yang telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001, tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi JO pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP Pidana.

Sumber: https://bengkulu.antaranews.com/berita/72496/mantan-kades-talang-rami-seluma-ditahan-perkara-korupsi-dana-desa

About aan

Pernah bergelut di dunia jurnalistik selama 5 tahun dan dua tahun sebagai Sekretaris Desa. Media ini Merupakan sarana informasi yang dibangun untuk mempublikasikan ide dan gagasan, maupun informasi tentang desa di Nusantara. Isi informasi dan berita berasal dari sumber dan media yang dipercaya. Media ini bersifat privasi dan memiliki tujuan positif untuk membantu desa mendapatkan informasi. Bukan untuk bisnis, pengelola menerima berita dari desa dan artikel seputar desa. : WA :081364175687 dan email : neniastaria1987@gmail.com

Check Also

Sembunyi Saat Jadi DPO, Mantan Kades Ini Diringkus Polisi Dugaan Korupsi Dana Desa 2017

BATUBARA – Arifin, mantan Kepala Desa Suka Jaya, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *