Home / TERKINI / Keluar Lapas Ikuti Pelantikan, Tersangka Korupsi Dana Desa Dilantik Jadi Kades
Suasana pelantikan Kades di Pendopo Agung. Foto Malangvoice

Keluar Lapas Ikuti Pelantikan, Tersangka Korupsi Dana Desa Dilantik Jadi Kades

MALANG – Dua Kepala Desa (Kades) terpilih dalam pilihan Kades serentak gelombang III pada 30 Juni 2019 lalu yang telah ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus Dasa Desa (DD) akhirnya dilantik, Kamis (29/8) di Pendopo Agung Jalan Agus Salim no.7 Kota Malang.

Dua kades terpilih tersebut dari Desa Druju, Sumbermanjing Wetan (Sumawe), Mujiono, dan Kades Tlogosari, Tirtoyudo, Paimin Purwanto.

Baca : Dana Desa Raib Dalam Mobil Kades

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang, Suwadji mengatakan, dua kedes terpilih tersebut tetap dilantik.

“Sesuai Permen (Peraturan Menteri) no 66, calon kepala desa terpilih yang ditetapkan sebagai tersangka dan diancam dengan pidana penjara paling singkat 5 tahun sebelum pelantikan, calon terpilih tetap dilantik sebagai kepala desa,” ungkapnya.

Dalam pelantikan tersebut, lanjut Suwadji, kedua tersangka tersebut keluar dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Lowokwaru Kota Malang untuk mengikuti pelantikan ini.

“Kedua tersangka tersebut biasa keluar untuk mengikuti pelantikan ini karena ada penjamin dari pihak Kecamatan dan keluarga dekat (Istri Tersangka, red),” jelasnya.

Sementara itu, Camat Tirtoyudo, Rahmad Ichwanul Muslimin menyampaikan, dirinya ikut menjamin Paimin Purwanto, Kades Tlogosari, Tirtoyudo terpilih.

“Saya ikut menjamin, supaya pelantikan bisa berjalan,” tandasnya.

Baca : Korupsi Dana Desa, Pj Kades dan Bendahara Ditetapkan Jadi Tersangka

Perlu diketahui, Paimin Purwanto, Kades Tlogosari, Tirtoyudo ditetapkan menjadi tersangka oleh Kejaksaan Negeri Kepanjen, karena menyelewengkan Dasa Desa (DD) tahun anggaran 2017 dengan jumlah Rp 429 Juta yang digunakan untuk kepentingan pribadinya.

Sedangkan, Mujiono, Kepala Desa Druju, Sumbermanjing Wetan (Sumawe), juga menjadi tersangka dalam kasus penyelewengan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2015, 2016 dan 2017.

sumber : https://malangvoice.com/keluar-lapas-dua-tersangka-kasus-dana-desa-dilantik-jadi-kades/

About aan

Media ini Merupakan sarana informasi yang dibangun untuk mempublikasikan ide dan gagasan, maupun informasi tentang desa di Nusantara. Isi informasi dan berita berasal dari sumber dan media yang dipercaya. Media ini bersifat privasi dan memiliki tujuan positif untuk membantu desa mendapatkan informasi. Media ini bukan untuk bisnis.

Check Also

Korupsi Dana Desa Hingga Rp 156 Juta, Mantan Kades di Bojonegoro Dijebloskan Penjara

Bojonegoro – Korupsi dana desa, seorang mantan kepada desa (kades) di Bojonegoro diamankan. Kades bernama Totok …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *