Home / TERKINI / Kades dan Penyedia Barang Proyek Jadi Tersangka Dugaan Korupsi Dana Desa

Kades dan Penyedia Barang Proyek Jadi Tersangka Dugaan Korupsi Dana Desa

Bonebol – EJB (58) alias Elfi, Kepala Desa Moopiya, Kecamatan Bone Raya, Kabupaten Bone Bolango, ditangkap seusai ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana desa oleh tim penyidik Tipikor Polres Bone Bolango. Saat ini Elfi ditahan di tahanan Polres Bone Bolango.

Kebijakan Elfi sebagai kades dalam proyek pembuatan tanggul pantai pada 2017 silam, diduga telah merugikan negara lebih dari seratus juta rupiah.

Baca Juga : Kades Ini Ditahan Beli Mobil Pribadi Gunakan Dana Desa

“Ia (Elfi) adalah salah seorang tersangka kasus dugaan korupsi di Desa Moopiya yang perbuatannya telah merugikan negara ratusan juta rupiah,” kata Kapolres Bone Bolango AKBP Desmont Harjendro Jumat (12/7/2019).

Sementara, Kanit Tipikor Polres Bone Bolango, Yahya Boudelo menambahkan, Elfi resmi ditahan sebagai tersangka korupsi dana desa pada Kamis (11/7/2019) siang, bersama dengan HS (48) alias Amin selaku pihak penyedia bahan pada proyek pembangunan tanggul pantai yang dikelola secara swadaya itu.

Baca Juga : Kades dan TPK Ditahan Korupsi Dana Desa

Dia menjelasakan, Elfi dan Amin ditahan terkait dengan dugaan korupsi proyek pembangunan tanggul pantai yang didanai dengan dana desa (DD) tahun 2017 sebesar Rp 333.086.

“Sampai dengan tahun anggaran berakhir pekerjaan tersebut tidak selesai. Sehingga dana yang bisa digunakan untuk kesejahteraan masyarakat hanya disalahgunakan oleh oknum kepala desa dan suplier,” ungkap Yahya.

Baca Juga : Kades Ini Diduga Gelapkan Dana Desa

Yahya juga menyampaikan bahwa penunjukan penyedia barang jasa tidak sesuai mekanisme, sehingga hal ini diduga kuat menjadi penyebab utama proyek itu tidak selesai pengerjaanya.

“Dari hasil perhitungan kerugian keuangan negara oleh BPKP terdapat kerugian negara ratusan juta rupiah,” tandasnya.

Sekedar informasi, pada 2017, Desa Moopiya mendapat alokasi anggaran melalui dana desa sekitar Rp 750 juta yang akan digunakan untuk kepentingan pembangunan desa, di antaranya adalah pembangunan tanggul pantai.

sumber : https://kronologi.id/2019/07/12/jadi-tersangka-dugaan-korupsi-dana-desa-kades-moopiya-ditangkap-polisi/

About aan

Pernah bergelut di dunia jurnalistik selama 5 tahun dan dua tahun sebagai Sekretaris Desa. Media ini Merupakan sarana informasi yang dibangun untuk mempublikasikan ide dan gagasan, maupun informasi tentang desa di Nusantara. Isi informasi dan berita berasal dari sumber dan media yang dipercaya. Media ini bersifat privasi dan memiliki tujuan positif untuk membantu desa mendapatkan informasi. Bukan untuk bisnis, pengelola menerima berita dari desa dan artikel seputar desa. : WA :081364175687 dan email : neniastaria1987@gmail.com

Check Also

Sembunyi Saat Jadi DPO, Mantan Kades Ini Diringkus Polisi Dugaan Korupsi Dana Desa 2017

BATUBARA – Arifin, mantan Kepala Desa Suka Jaya, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *