Home / TERKINI / Gaji Setara PNS Golongan IIa, Sekdes Diminta Perbaiki SK Perangkat Desa

Gaji Setara PNS Golongan IIa, Sekdes Diminta Perbaiki SK Perangkat Desa

RANTAU – Sekretaris Desa se Kabupaten Tapin dikumpulkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tapin di Pendopo Balahendang, Rantau, Jumat (12/7/2019).

Kepala Bidang Pemberdayaan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tapin, Fadlianor menjelaskan rapat koordinasi itu rutin dilaksanakan pihaknya.

Rapat koordinasi Pemerintah Desa se Kabupaten Tapin itu diakuinya khusus dihadiri para Sekretaris Desa karena berkaitan dengan tertibnya administrasi di lingkungan Pemerintahan Desa.

Baca Juga : Siltap Kades Dan Paradesn Tetap Bersumber Dari AdD

Menurut Fadlianor sebagian kegiatan di Pemerintahan Desa, selama ini tidak banyak ditembuskan kepada pihaknya sehingga perlu diingatkan.

Terpisah, Ali Nurdin, Sekretaris Desa Pandulangan di Kecamatan Tapin Tengah mengaku awal pekan ini akan melaporkan hasil rapat koordinasi dengan Kepala Desa Pandulangan.

Menurutnya rapat koordinasi Pemerintahan Desa itu mengingatkan agar surat keputusan pengangkatan perangkat desa ditertibkan.

Baca Juga : Perangkat Desa Kecewa, Pemerintah Batal Naikan Gaji Tahun ini

Penertiban surat keputusan pengangkatan perangkat desa karena penghasilan tetap atau siltap pengangkat desa akan dinaikan setara pegawai negeri sipil golongan II.

“Saat ini Siltap perangkat desa Pendulangan mencapai Rp 2,1 juta. Mungkin Siltapnya sekitar Rp 3 juta karena dalam rapat koordinasi itu angka persis kenaikan tidak disebutkan,” katanya Sabtu (13/7/2019).

Kabar gembira bagi perangkat desa se Indonesia. Pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2019 tentang penghasilan tetap perangkat. Itu paling telat diberlakukan Januari 2020 nanti.

Baca Juga :Gaji Kades 120 Persen dan Sekdes 110 Persen Dari Golongan IIa

Pemerintah telah menetapkan penghasilan tetap bagi Kades Rp 2.426.640,- Sekdes Rp 2.224.420,- dan perangkat desa lainnya yaitu Kaur, Kasi, dan Kadus Rp 2.022.200,-.

Kenaikan ini sesuai dengan janji Presiden Joko Widodo, yang akan menaikkan gaji perangkat desa setara dengan PNS golongan IIA.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri silaturahmi bersama Persatuan Perangkat Desa Indonesia, beberapa lalu.

Anggaran untuk penyetaraan penghasilan tetap ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) yang di dalamnya terdapat komponen Alokasi Dana Desa (ADD).
Di Kabupaten Tapin, penghasilan tetap atau gaji Kepala Desa sudah melebihi dari angka yang disebut dalam PP Nomor 11 Tahun 2019 tentang penghasilan tetap aparatur Pemerintah Desa.

Namun, perangkat desanya, seperti Kaur, Kasi dan Kadus belum memadai karena terkendala sumber dana yang hanya mengandalkan alokasi dana desa.

Baca Juga : Pemerintah Keluarkan PP Nomor 11 Pengantin PP 43 Tentang Siltap Kades dan Parades

Padahal jika, menggunakan dana desa sangat tercukupi. Apalagi jika ditambah dana dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Faktanya dana desa tidak boleh diperuntukan untuk Siltap perangkat desa. Sementara dana Pemerintah Provinsi Kalsel tidak pernah ditransfer untuk perangkat desa.

Sumber : https://banjarmasin.tribunnews.com/amp/2019/07/13/sekdes-se-tapin-diminta-perbaiki-sk-perangkat-desa?page=2

About aan

Pernah bergelut di dunia jurnalistik selama 5 tahun dan dua tahun sebagai Sekretaris Desa. Media ini Merupakan sarana informasi yang dibangun untuk mempublikasikan ide dan gagasan, maupun informasi tentang desa di Nusantara. Isi informasi dan berita berasal dari sumber dan media yang dipercaya. Media ini bersifat privasi dan memiliki tujuan positif untuk membantu desa mendapatkan informasi. Bukan untuk bisnis, pengelola menerima berita dari desa dan artikel seputar desa. : WA :081364175687 dan email : neniastaria1987@gmail.com

Check Also

Sembunyi Saat Jadi DPO, Mantan Kades Ini Diringkus Polisi Dugaan Korupsi Dana Desa 2017

BATUBARA – Arifin, mantan Kepala Desa Suka Jaya, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *