Home / TERKINI / Diduga Digelapkan, Dinas PMD Minta Kades Kembalikan Dana Desa Rp 400 Juta

Diduga Digelapkan, Dinas PMD Minta Kades Kembalikan Dana Desa Rp 400 Juta

Bengkulu, – Kepala Dinas Pembangunan Masyarakat Desa (PMD) Bengkulu Utara, Budi Sampurno mengimbau mantan Kepala Desa (ades) Karya Pelita, Kecamatan Marga Sakti Sebelat, US, segera mengembalikan dana desa senilai Rp 400 juta yang diduga telah digelapkan.

“Saya mengimbau mantan Kades Karya Pelita, US untuk segera mengembalikan dana desa yang tidak terpakai Rp 400 juta ke kas desa. Dana ini akan masukan kembali ke APBDes sehingga bisa dipakai lagi pada tahun anggaran berikutnya,” kata Budi Sampurno, di Bengkulu, Senin (8/7/2019).

BACA JUGA : Dana Desa Rentan di Korupsi

Ia mengatakan, berdasarkan hasil audit Inspektorat Kabupaten Bengkulu Utara, dana desa Karya Pelita yang diselewengkan oknum mantan kades US sebesar Rp 400 juta.

“Kita minta uang sebanyak ini segera dikembalikan US ke kas desa, sehingga bisa dimasukan ke APBDes setempat untuk digunakan pada tahun berikutnya. Hal ini sesuai dengan aturan penggunaan dana desa,” ujarnya.

BACA JUGA : Korupsi Dana Desa, Polres Sidik PJs Kades

Namun, sejak mantan Kades Karya Pelita, US ditetapkan tersangka oleh Kejari Bengkulu Utara, yang bersangkutan kini menghilang dari desa.

“Saya berharap US kooperatif dengan pihak Kejari Arga Makmur, Bengkulu Utara karena statusnya sudah tersangka dalam kasus penggelapan dana desa Rp 400 juta, dan uang yang digelapkan segera dikembalikan ke kas desa,” ujarnya.

Budi menambahkan, pihaknya sangat menyayangkan kasus pengelapan uang dana desa yang dilakukan oknum mantan Kades Karya Pelita. Sebab, hal ini menjadi cacatan buruk bagi penggunaan DD di Bengkulu Utara.

BACA JUGA : Diduga Korupsi Rp 192 Juta, Kades Ini Ditangkap

Padahal, Bengkulu Utara mendapat pengharaan serapan dana desa terbaik se-Provinsi Bengkulu. Penyerapan dana desa setiap tahun di seluruh desa di Bengkulu Utara rata-rata di atas 98 persen. Demikian pula dalam penggunaan dana desa di daerah ini nyaris tidak ada masalah, katanya.

Sumber :beritasatu.com

About aan

Pernah bergelut di dunia jurnalistik selama 5 tahun dan dua tahun sebagai Sekretaris Desa. Media ini Merupakan sarana informasi yang dibangun untuk mempublikasikan ide dan gagasan, maupun informasi tentang desa di Nusantara. Isi informasi dan berita berasal dari sumber dan media yang dipercaya. Media ini bersifat privasi dan memiliki tujuan positif untuk membantu desa mendapatkan informasi. Bukan untuk bisnis, pengelola menerima berita dari desa dan artikel seputar desa. : WA :081364175687 dan email : neniastaria1987@gmail.com

Check Also

Sembunyi Saat Jadi DPO, Mantan Kades Ini Diringkus Polisi Dugaan Korupsi Dana Desa 2017

BATUBARA – Arifin, mantan Kepala Desa Suka Jaya, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *