Home / TERKINI / Bawaslu : Dukungan Kades di Cianjur Dukung Jokowi Bukan Pidana Pemilu

Bawaslu : Dukungan Kades di Cianjur Dukung Jokowi Bukan Pidana Pemilu

Cianjur- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cianjur memutuskan video diduga dukungan perangkat desa beserta Kepala Desa (Kades) Jayagiri, Kecamatan Sukanagara terhadap Capres Joko Widodo tidak memenuhi unsur pidana Pemilu.

Hasil itu berdasarkan pengkajian dan pemeriksaan oleh Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu).

BACA JUGA :  Kades Deklarasi Dukung Jokowi

“Kasus video aparat pemerintahan desa Jayagiri, berdasarkan kajian Gakumdu belum memenuhi unsur pidana pemilu. Selama 14 hari Gakumdu melakukan proses kajian dari berbagai unsur dan pasal hasilnya belum memenuhi unsur pidana pemilu,” kata Usep Agus Zawari, Ketua Bawaslu Cianjur kepada detikcom di kantornya, Selasa (26/3/2019).

Baca juga: Pengakuan Kades di Sukabumi yang Deklarasi Dukung Jokowi

Meski tidak ditemukan unsur pidana, Bawaslu tetap akan melakukan tindak lanjut terhadap konten dalam video tersebut termasuk netralitas pihak yang ada dalam rekaman.

BACA JUGA : Dukung Prabowo Kades ini Ditahan

“Kami tetap akan menindaklanjuti hal tersebut selain dari aspek pidana pemilunya kita akan menindaklanjuti pelanggaran yang lain termasuk netralitas,” lanjut dia.

Dilihat Detikcom dalam video berdurasi sekitar 1 menit terdapat 11 orang dalam video yang mengucapkan terimakasih terhadap Presiden Joko Widodo atas bantuan ke pemerintahan desa. Di akhir video mereka juga mendoakan Jokowi agar terpilih kembali menjadi presiden seraya mengacungkan satu jari.

Berikut kalimat yang diucapkan oleh orang-orang yang ada dalam video ;

“Assalamuallaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh, kami atas nama pemerintah desa Jayagiri, Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur mengucapkan terimakasih kepada Presiden Joko Widodo khusus untuk pembangunan infrastruktur yang sangat dibutuhkan dan sangat bermanfaat untuk menunjang perekonomian masyarakat. Semoga bapak Joko Widodo diberikan kesehatan oleh Allah Subhanallahu Wattaala dan kami mendukung sepenuhnya semoga bapak Joko Widodo menjadi presiden kembali periode 2019 sampai dengan 2025 Hidup bapak Jokowi!,”

Sementara itu Bawaslu Kabupaten Sukabumi masih melakukan penanganan terhadap video viral terkait dugaan deklarasi belasan kades terhadap pasangan calon Jokowi Ma’ruf Amin. Namun hingga saat ini, Koordinator Divisi Penindakan Ari Hasniar belum merespons upaya klarifikasi yang dilakukan detikcom.

Upaya klarifikasi juga dilakukan kepada tim Gakumdu dari Kejaksaan Negeri Cibadak, melalui pesan singkat Kasi Pidum Yeriza Aditya meminta Detikcom untuk menanyakan soal itu kepada pihak Bawaslu.

“Konfirmasi ke Bawaslu, kita kan cuma bagian dari Bawaslu rasanya yang pas sih mereka yang jawab,” singkat Yeriza.

Sumber : detik

About admin

Check Also

Tunjangan Belum Dibayar, 147 Desa di Sikka Berhutang

MAUMERE – Belum direalisasikanya pembayaran tunjangan aparat pemerintah desa dan BPD serta biaya operasional pemerintahan desa …