Home / TERKINI /  530 Desa di Jabar Naik Kelas, dari Berkembang ke Maju 

 530 Desa di Jabar Naik Kelas, dari Berkembang ke Maju 

BANDUNG—Melalui sejumlah program unggulan pembangunan desa, kini sebanyak 530 desa di Jawa Barat berubah statusnya dari desa berkategori berkembang menjadi desa maju.

Desa dengan kategori berkembang adalah desa yang memiliki sumber daya sosial, ekonomi dan ekologi tetapi belum mampu dikelola secara optimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Baca Juga : Kelurahan Ini Akan Ibas Menjadi Desa

 Sedangkan desa maju sudah memiliki kemampuan mengelolanya sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup manusianya dan menanggulangi kemiskinan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamilmenegaskan bahwa 60 persen pembangunan di Jabar akan fokus mengembangkan desa.

“Kami akan fokus 60 persen energi kami untuk membangun desa. Alhamdulillah tahun ini status desa yang naik kelas dari desa berkembang menjadi desa maju sebanyak 530 desa,” ujar Gubernur, Minggu (14/7/2019).

Tak hanya itu, sebanyak 48 desa telah berubah statusnya dari desa tertinggal menjadi berkembang. Dengan begitu kini tak ada lagi desa berstatus tertinggal di Jabar.

“Desa tertinggalnya sudah nol, tahun kemarin masih ada 48 desa. Sekarang kita dorong desa yang masih berkembang,” kata Emil, sapaan akrab Gubernur Jabar.

Baca Juga : Kementerian Perindustrian Bakal Produksi Kendaraan Desa

Kategori desa tertinggi yaitu desa mandiri yang memiliki kemampuan melaksanakan pembangunan desa untuk peningkatan kualitas hidup masyarakatnya. Di Jawa Barat baru ada dua desa yang berkategori desa mandiri di Sukabumi dan Indramayu.

Emil mengatakan, tahun ini pihaknya menyediakan 150 unit Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) yang akan diberikan kepada desa yang mampu menjadi desa mandiri. Mobil inovatif yang bisa berubah bentuk ini bisa digunakan untuk angkutan pertanian, layanan kesehatan, layar tancap, angkutan penumpang hingga panggung hajatan.

Baca Juga : Ketika Rp 1 Berharga

“Kalau masuk desa mandiri nanti dikasih hadiah yaitu mobil Maskara, tahun ini kami punya jatah 150 unit mobil inovatif ini untuk diberikan,” tutur Emil.

Sumber : https://bandung.bisnis.com/read/20190714/549/1123936/530-desa-di-jabar-naik-kelas-dari-berkembang-ke-maju

About aan

Pernah bergelut di dunia jurnalistik selama 5 tahun dan dua tahun sebagai Sekretaris Desa. Media ini Merupakan sarana informasi yang dibangun untuk mempublikasikan ide dan gagasan, maupun informasi tentang desa di Nusantara. Isi informasi dan berita berasal dari sumber dan media yang dipercaya. Media ini bersifat privasi dan memiliki tujuan positif untuk membantu desa mendapatkan informasi. Bukan untuk bisnis, pengelola menerima berita dari desa dan artikel seputar desa. : WA :081364175687 dan email : neniastaria1987@gmail.com

Check Also

Sembunyi Saat Jadi DPO, Mantan Kades Ini Diringkus Polisi Dugaan Korupsi Dana Desa 2017

BATUBARA – Arifin, mantan Kepala Desa Suka Jaya, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *